Saturday, September 19, 2015

Smartphone Food Photography With Himawan Sutanto at Shangri La Jakarta

Smartphone food photography@ Hotel Shangri La


Pada akhir agustus tanggal 29 tepatnya, saya menghadiri seminar dan workshop yang diadakan di Hotel Shangri La. Tema seminar dan workshop tersebut smartphone food photography, seminar yang menarik dan saya rasa menjadi hobi semua orang belakangan ini. Ketika sedang berada didalam restaurant atau café bahkan makan dirumah sekalipun rasanya ada yang kurang (tentunya setelah berdoa sebelum makan) kalau belum mengabadikan dengan smartphone makanan yang akan kita santap.

Fotografi adalah hal yang tidak bisa kita hindarkan pada zaman ini. Dikuliah daripada menghabiskan waktu lama untuk mencatat lebih singkat untuk foto apa yang ada di papan tulis. Pada saat rapat agar dapat memberikan masukan atau pertanyaan foto aja slide presentasinya, bahkan pada saat mengikuti seminar kita mendapati kata-kata yang membakar semangat atau menginspirasi bisa langsung kita foto dan berikan caption sesuka kita di social media.


Pada saat ini makanan-makanan yang ada di Indonesia dan Jakarta pada khususnya telah mengalami transformasi. Semenjak ada acara masak di televisi dan kontes memasak. Kenapa?karena dengan mudahnya kita bisa memasak sendiri makanan yang kita mau. Orang Indonesia mulai menyukai makanan-makanan berbagai belahan dunia itu membuktikan bahwa lidah orang Indonesia lebih universal. Makanan tradisional kita juga telah bertransformasi, dari toppingnya yang hanya gula merah hingga menjadi kit kat green tea sampai coklat toblerone.

Bahan baku makanan eropa sudah mudah kita temui di Jakarta tempat-tempat seperti Food Hal, Ranch Market, All Fresh, Total Buah Segar, bahkan Giant sekalipun. Kalau lokasi kamu bukan di Jakarta sekalipun kamu tetap bisa mencarinya di toko-toko online atau instagram. UKM-UKM kreatif mulai bermunculan dengan menawarkan produk makanan belahan dunia, bahkan makanan tradisional kita pun sekarang sudah bergaya eropa. Itulah yang pada saat ini menjadi alasan mengapa makanan dan fotografi tidak dapat dipisahkan. Abadikan!. Yup bagikan foto makanan unik yang kita makan.

Dasar dari blog ini terbentuk salah satunya juga bisa membagikan makanan-makanan yang mungkin kita belum pernah liat atau mencoba dan setelah membaca harapannya bisa datang ke tempatnya dan langsung merasakan nikmatnya makanannya. Tapi kali ini saya tidak menulis tentang makanan.

Seminar Smartphone Food Photograpy kali ini diselenggarakan oleh nokia, oktagon_id, foodie magazine, dan berkolaborasi dengan Hotel Shangri La. Pengisi seminarnya adalah fotografer dari foodie magazine itu sendiri yaitu Himawan Sutanto. Himawan Sutanto ini sudah sangat berpengalaman dan professional terlihat dari portofolionya telah memfoto berbagai macam merek terkenal yang akrab kita konsumsi seperti McDonald’s, Coca-cola, Pizza Hut, dll, buat yang penasaran cek aja di web pribadinya yah. disini.
Himawan Sutanto, The Man Behind The Gun


Seminar dimulai pada pukul 13.00 siang diawali sambutan oleh oktagon_id, foodie magazine, dan perwakilan Hotel Shangri La. Setelah itu Himawan Sutanto langsung mengambil alih venue. Saya terbilang baru dalam dunia blogger dan fotografi. Dan saya juga melihat untuk menjadi blogger yang baik agar disukai banyak orang saya juga harus memiliki minimal sedikit kemampuan fotografi. Kalau ada salah satu foto blur yang saya unggah maaf yah.. tidak ada maksud kok, masih belajar.
sambutan oktagon_id
sambutan hangat dari the foodie mags


Ada banyak yang saya pelajari mengenai smartphone fotografi dalam seminar ini salah satunya adalah Understanding Angle. Itu adalah salah satu tips dan trik yang dibagikan oleh Himawan Sutanto. Understanding Angle adalah kunci tampilan sebuah foto makanan yang menarik. Ada 3 angle yang biasa digunakan untuk foto makanan dan angle ini digunakan oleh fotografer professional, yaitu eye level, top angle, dan top angle for group. Silahkan dicoba ya buat kamu yang ingin foto makanan mu lebih menarik.
Saya menggunakan tehnik top angle pada saat workshop


Jadwal acara smartphone food photography ini sangat menarik, pertama-tama materi seminar yang diisi oleh Himawan Sutanto, Coffee break ini yang buat penasaran karena di Hotel Shangri La yang terkenal akan chefnya, dan yang terakhir adalah workshop photography bersama Nokia Lumia 930. Acara terakhir cukup menarik karena langsung mempraktekkan materi yang didapat, dan benar saja hasil fotonya bagus semua, menarik, dan terlihat seperti fotografer professional aja.

Setelah menikmati hidangan mewah nan enak dari Hotel Shangri La kita semua diberikan arahan untuk workshop smartphone photography. Kita dibagi menjadi 5 kelompok, 1 kelompok berisi 10 orang dan diberikan 3 smartphone lumia 930. Saya sangat tertarik dengan Nokia Lumia 930 ini, dia memiliki layar yang baik, jernih, dan sentuhan yang responsive. Dan memang setelah saya liat reviewnya smartphone ini sangat baik performanya untuk fotografi. Dengan fitur lighting, zoom, blur, dan color balance yang manual bisa memudahkan saya untuk bereksplorasi untuk mendapatkan foto yang saya inginkan. Kameranya 20 megapiksel dengan lensa carl zeiss. Saya bias mendapatkan foto definisi tinggi dengan smartphone ini! amazing!.

Peserta mempersiapkan peralatan untuk difoto

Mulai menyusun dengan style fotografi masing-masing peserta


Hadiahnya sangat membuat saya tertarik, kontes smartphone photography berhadiah smartphone Nokia Lumia 930 untuk 1 pemenang dengan teknik fotografi yang benar, dan like instagram terbanyak. Tentu saja oktagon_id dan foodie magazine lah sebagai jurinya yang berhak menentukan pemenangnya. Tapi sayang saya belum menjadi pemenangnya.

Di acara tersebut kita juga dibagikan majalh foodie mengazine berbagai macam edisi cetak secara gratis. Untuk saya majalah foodie magazine sangat bagus, didalamnya berisi mengenai foto-foto makanan dengan tehnik yang professional, pastinya resep masakan dari berbagai macam dunia dan jenis, dan yang paling penting adalah restaurant, café, atau Hotel-Hotel di Jakarta yang punya menu makanan rekomendasi. Majalahnya bias dibeli dengan harga Rp. 50.000 saja atau bias mengambil gratis di Hotel Shangri La.

Buat kamu yang kepengen memiliki majalah foodie magazine ini bisa langsung aja unduh di smartphone kamu secara gratis. Caranya gampang, cukup masuk ke aplikasi playstore kamu untuk OS Android atau appstore di iOS, kemudian cari SCOOP, unduh secara gratis, setelah selesai unduh dan pasang, langsung buka aja aplikasinya lalu langsung bisa kamu search “foodie” atau “foodie magazine” BAM! Langsung keluar dari edisi pertama dan bisa kamu unduh semua secara gratis.


Setelah fotografi workshop, acara selesai, acara selesai pada pukul 16.30 WIB, dengan pengalaman yang sangat menarik bias berkunjung ke Hotel Shangri LA, bertemu dengan fotografer professional, mendapatkan tehnik yang baik agar menarik foto makanan kita, dan yang paling luar biasanya adalah semua dilakukan dengan smartphone. Penyelenggara yang professional terima kasih buat oktagon_id, foodie magazine, dan Hotel Shangri La. Saya menunggu untuk acara berikutnya!.
Himawan Sutanto, Me, and The Foodie Mags

No comments:

Post a Comment