Wednesday, August 26, 2015

Pertama kali kunjungan ke PT. Sinar Sosro

Auditorium PT. Sinar Sosro

Salah satu minuman wajib orang Indonesia di pagi hari selain kopi adalah teh. malah bukan hanya orang indonesia tapi sebagian penduduk dunia di pagi hari juga minum teh. sehingga menjadikan teh menjadi salah satu minuman yang khas bukan hanya sebagai pelepas dahaga saja tapi juga berkarakter. Saya lebih memilih teh dibanding kopi karena kadar kafein yang lebih rendah, kan ceritanya lagi D I E T. Di Indonesia saat ini banyak sekali minuman kemasan yang bahan dasarnya terbuat dari teh, bahkan rasanya sudah bercampur dengan sensasi-sensasi lain, seperti buah dan sensasi beku. semakin maraknya industri minuman di Indonesia ini menjadikan teh minuman wajib, jadi kalo belum minum yah pasti ada yang kurang dihari itu.

Ada produsen minuman teh di indonesia yang mempelopori teh dalam kemasan, yaitu PT. Sinar Sosro dengan produknya Teh Botol Sosro. siapa yang gk kenal Teh Botol Sosro? dari kecil saya selalu kalau bepergian dengan keluarga yang dibawa Teh Botol Sosro ini, belum lagi pas udah gedean, main bola di lapangan, penjual minuman banyak jualan Teh Botol Sosro, Pas udah gedean dikit lagi makan di warung tenda minumnya juga Teh Botol Sosro. Bahkan orang tua saya juga minumnya Teh Botol Sosro.

Kemarin sangat tertarik pada saat diberitahu oleh teman via aplikasi obrolan tentang kunjungan ini, tanpa berlama-lama langsung saya kontak aja CP nya. alhasil terdaftarlah. Jadi acara ini diadakan oleh salah satu komunitas enterpreneur (Komunitas Memberi : memberi.org) bekerjasama dengan Biz Guide Bca dan PT. Sinar Sosro. kebetulan yang mengadakan komunitas enterpreneur jadi isinya adalah sang pengusaha semua, senangnya hati ini, karena 4 bulan terakhir saya baru merintis usaha sendiri yaitu ayam bakar. disana bertemu dengan pengusaha dari berbagai industri, ada yang usaha boneka, dessert, jasa pendidikan Al-quran, usaha kemasan botol ASI, dll. Untuk pemula seperti saya ini adalah surga. dan sempat berbincang sedikit dengan mereka, tapi masih blm all out karena masih pertama kali ikut acara beginian. Selanjutnya harus lebih baik. setelah saya cari tau Biz Guide dan Komunitas Memberi Ini rutin mengadakan kunjungan-kunjungan seperti ini. jadi buat temen-temen wirausaha yang belum pernah ikut, ayo ikutlah.. acara seru, banyak ilmunya, dan yang terpenting adalah open networking.

Saya berangkat dari Depok, menempuh perjalanan 2 jam sampai di pabrik PT. Sinar Sosro di Cakung KM 26. Perjalanan yang panjang. sesampainya saya agak bingung sebenarnya karena tidak ada petunjuk, banner, dll disana jadi nanya-nanya dulu deh ke satpam. senangnya satpamnya ramah dan baik hati, ditanya-tanya sabar. Setelah masuk ada seperti galeri yang asik didalamnya. disitu diceritakan awal mula bisnis tersebut dibangun.

Galeri PT. Sinar Sosro

Transformasi Teh Botol Sosro, 1962, 1972, 1974

Ceritanya keluarga Sosrodjojo memulai bisnisnya pada tahun 1940 di kota Slawi, Jawa Tengah dengan memproduksi dan memasarkan teh seduh merek “Teh Cap Botol”. Tahun 1965, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke Jakarta dengan melakukan strategi CICIP RASA (product sampling) ke beberapa pasar di Jakarta. Sampai akhirnya mulailah membuat teh dalam kemasan yang diminati oleh penduduk Jakarta.


Setelah mengelilingi galeri kemudian saya masuk auditorium yang ada disana. Setelah peserta lengkap MC langsung memulai acara dengan berkata "SELAMAAT PAGIII...", langsung saya liat jam dan menunjukkan pukul 14.30 WIB. what?! jadi budaya di PT. Sinar Sosro adalah dengan megucap salam selamt pagi setiap saat walaupun malam, karena saat pagi adalah saat semangat-semangatnya manusia dalam melakukan aktifitas. Bner juga sih.

Mba Asri sedang menjelaskan sejarah awal teh botol sosro



Setelah beberapa presentasi mengenai sejarah perusahaan, produk, agenda acara, dll kita diberikan topi warna oranye. ada fotonya.. lucu sih.. dicari dulu. Setelah foto acara yang paling ditunggu adalah keliling pabriknya untuk melihat proses mulai dari pembersihan botol sampai jadi bisa dikonsumsi. tapi sayang temans, tidak boleh mendokumentasikan pada saat berada dalam pabrik. hiks..

Topi oranye khas sosro




Ya sudahlah.,. akhirnya kita jalan.. Saya bersama rombongan yang pertama. akhirnya masuk ke dalam pabrik yang tempatnya sangat panas. Kenapa panas karena proses pencucian botol dengan air suhu tinggi, jadi tenang aja buat yang suka minum teh ini karena pencucian dengan suhu tinggi itulah yang akan membunuh bakteri dan mensterilkan sehingga layak sekali untuk diminum, setelah itu dituangkanlah air tehnya.. juga dengan sangaaat panaass!!trus ditutup deh.. trus saya disodorkan botolnya yang masih panas tersebut dan panasnya seperti panas mendidih.



setelah keliling dalam pabrik pembuatan sampailah ke ujung pabrik yaitu tempat dimana limbah-limbah tersebut dikumpulkan jadi satu. karena ini perusahaan pembuat teh jadi limbahnya yah cuma air, ampas teh, dan botol-botol. sangat ramah lingkungan.

End of the show kita dibawa lagi kedalam auditorium. setalah sampai dilantai 2 kami disuguhkan Teh Botol Sosro P A N A S!!what!!??. Ini enak banget, sumpah enak BANGET! mesti coba. setelah terpukau dengan rasa teh botol panas acara berlanjut ke sesi berbagi (sharing), tanya jawab, dan kuis.

Ini yang masih panas. ENAK!

Kami kedatangan Bpk. Roni Jatnika, selaku Wakil Direktur Marketing PT. Sinar Sosro. Beliau banyak menjelaskan bagaimana distribusinya dan bagaimana mengumpulkan botol-botol dari end user sampai ke pabrik. Ternyata produksi botol beling sosro bisa mencapai 6.000.000 botol sehari di 1 pabrik, dan bayangkan PT. Sinar Sosro punya 10 pabrik tersebar diseluruh Indonesia. Cool... dan beliau juga berbagi sedikit mengenai betapa inginnya memiliki bisnis seperti kita, karena beliau hanya pelaku usaha dari keluarga Sosrodjojo saja. Jadi begitu keluar pertanyaan dari komunitas memberi yang mayoritas pengusaha ada beberapa pertanyaan yang tidak bisa dijawab.

Bpk. Roni Jatnika, Wakil Direktur Marketing PT. Sinar Sosro


Sesi terakhir dari acara kunjungan ini adalah sesi kuis dan pengumuman pemenag live tweet terbaik. hanya saja saya belum beruntung jadi tidak mendapatkan apa-apa tapi saya mendapatkan buku saku dari teman saya yang kebetulan juga hadir, namanya Ira Norma Prabawati. Makasih yah Iraaa... haha

Ya udah sekian ya teman, hari ini temanya juga berhubungan dengan makanan kan, karena apapun makanannya pasti minumannya Teh Botol Sosro. Sekian. Ciao!

No comments:

Post a Comment